Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memuji performa bus Scania. Menurutnya, bus buatan Swedia itu memiliki kualitas kenyamanan yang diyakininya akan mampu menarik perhatian pengguna kendaraan pribadi untuk pindah naik bus transjakarta.

Hal itu disampaikan Basuki seusai menjajal bus Scania dari Monas ke Bundaran HI, kembali lagi ke Monas, Kamis (8/5/2014) pagi. Ia menilai, kenyamanan bus Scania bahkan menyamai mobil-mobil bermerek mahal, semacam Mercedes Benz, Range Rover, dan Toyota Land Cruiser.

"Suspensinya saja pakai sistem elektronik. Jadi sudah kayak mobil-mobil Mercedes dan Range Rover, jadi sudah kayak naik sedan. Tidak beda dengan naik Land Cruiser," kata Basuki di kawasan Monas.

Basuki juga memuji sistem bahan bakar gas yang digunakan bus tersebut. Ia mengklaim, sistem gas pada bus Scania merupakan yang terbaik di dunia. Jadi, ia memastikan, tidak akan ada lagi kejadian-kejadian bus terbakar karena adanya kebocoran gas.

"Kita kan mau dorong orang pindah ke bus, pindah dari mobil pribadi ke bus. Tapi kalau busnya tidak aman, tidak nyaman, siapa yang mau naik? Selama ini banyak yang ngeluh gasnya sering meledak, kebakaran. Makanya kita harus cari bus yang standarnya kelas dunia. Dan Scania ini, kalau gasnya ada kebocoran langsung berhenti secara otomatis. Ini adalah bus dengan mesin gas tercanggih di dunia untuk saat ini," tutur Basuki.

Lebih lanjut, Basuki juga senang dengan penggunaan material aluminium pada bus Scania. Menurutnya, penggunaan material aluminiun akan membuat bus bisa bertahan lama karena tidak gampang karatan.

"Kita kan ingin sampai kita meninggal pun harus tetap ada bus transjakarta. Makanya harus cari yang tahan lama," tukas pria yang akrab disapa Ahok itu.

Saat menjajal bus Scania, Basuki didampingi Duta Besar Swedia untuk Indonesia Ewa Polano, Presiden Direktur PT United Tractors (ATPM Scania) Djoko Pranoto, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Antonius NS Kosasih, serta sejumlah jajaran pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

sumber :  kompas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Explorers © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top