Tips Sehat Menjalani Lebaran

http://orbitnews30.blogspot.com/2015/07/tips-sehat-menjalani-idul-fitri_14.html
Hai sob, Lebaran sebentar lagi.... 
Gak kerasa banget sudah hampir sebulan kita menjalani Puasa di bulan Ramadhan, beberapa hari kemudian hari yang di tunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia akan tiba.
Semua umat Muslim akan merayakannya dengan pakaian pakaian baru, makanan, dan tentunya saling bermaaf-maafan terhadap semua saudara dan kerabat kita.
Nah kali ini ane ingin share sedikit ni tentang bagaimana cara menghadapi Lebaran ( Hari Raya Idul Fitri ) untuk sobat-sobat semuanya. Setelah sebulan lamanya kita menahan diri dari makan minum dan sebagainya, saat lebaran nanti makanan-makanan lezat akan berserakan dimanapun.
So, ni sedikit tips yang saya ambil dari beberapa temen-temen tentang menjaga kesehatan saat lebaran :
  1. Makan Dengan Porsi Seimbang

    Tidak sedikit dari kita yang menjadikan lebaran sebagai ajang balas dendam sehabis puasa. Namun, hal itu justru fatal akibatnya. Faktanya kesehatan perut akan kaget karena sering kosong saat berpuasa. Maka sebaiknya atur porsi makan kalian selama Lebaran dengan makanan yang mengandung protein dan korbohidrat, serta kurangi makanan yang mengganduk lemak dan kadar gula berlebih.

  2. Banyak Minum Air Putih

    Mungkin hal ini sering dianggap sepele oleh orang, namun perlu diingat salah satu faktor kondisi badan menurun saat hari Idul Fitri adalah sedikitnya cairan di dalam tubuh kita. Belum lagi banyaknya makanan yang mengandung santan dan lemak. Oleh sebab itu pastikan yangmuda tidak lupa untuk selalu cukup minum air putih selama Lebaran. Selain itu air putih juga berfungsi menetralisir kandungan gula darah di dalam tubuh.
  3. Konsumsi Buah dan Sayuran

    Salah satu metode yang paling ampuh melawan makanan berlemak adalah dengan sayuran dan buah-buahan. Selain dapat melawan lemak jahat, buah dan sayur juga terbukti mampu menyeimbangkan kadar gula darah di dalam tubuh.
  4. Hindari Makanan Manis

    Tidak semua yang manis itu enak rasanya, salah satunya adalah kadar gula darah. Walaupun yangmuda banyak berpikir penyakit tersebut banyak dialami oleh orang tua, nyatanya kadar gula berlebih juga bisa terjadi di usia produktif. Nah, mulai Lebaran kali ini tidak ada salahnya kalian mulai membatasinya. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati.
  5. Minum Vitamin

    Padatnya aktifitas selama Lebaran menjadikan banyak orang lupa akan 4 tips sebelumnya. Maka dari itu pastikan kalian tidak lupa meminum multi-vitamin guna menjaga kesehatan tubuh kalian selama Lebaran.
  6.  Yang terakhir, Selalu ingatkan jika memakan makanan dengan kandungan lemak yang tinggi akan menambah jumlah kalori pada tubuh kita sangat signifikan.

Rumus Sederhana Menjaga Komposisi Makan Saat Lebaran

Berikut ini adalah cara sederhana atau rumus komposisi tips memilih kue lebaran dan makan sehat saat lebaran :
Karbohidrat 55 % - 65 % dari Asupan Total Kalori Tubuh
Lemak 30 % dari Asupan Total Kalori Tubuh
Protein 10 - 20 % dari Asupan Total Kalori Tubuh
Nah, ane rasa cuku sampe disini dulu gan, semoga bermanfaat, dan terimakasih sudah mengunjungi orbitnews30.blogspot.com.
sumber : drozindonesiatranstv.blogspot.com



SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI

0 komentar:

Posting Komentar

 
Explorers © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top